Blogroll

Garuda dan Air Asia Tambah Penerbangan dari Yogyakarta

Sampai saat ini, baru dua maskapai penerbangan, Garuda Indonesia dan Air Asia, yang sudah memastikan diri akan menambah jumlah penerbangan dari dan menuju Bandara Adisucipto Yogyakarta, dalam rangka mengantisipasi melonjaknya penumpang mudik dan balik lebaran tahun ini.

Menurut Manager Operasional PT Angkasa Pura I Bandara Adi Sucipto Yogyakarta, Halindra, sampai kemarin baru dua maskapai penerbangan tersebut yang sudah resmi mengajukan penambahan jumlah penerbangan kepada pengelola bandara. ''Baru dua perusahaan itu. Lainnya seperti Lion dan Mandala belum mengajukan permintaan resmi. Rencana mereka akan mengajukan, tapi saat ini masih bisik-bisik saja,'' ujarnya, Rabu (25/8).

Halindra menjelaskan Garuda akan menambah penerbangan Jakarta-Yogyakarta mulai 11 September nanti. Awalnya hanya menambah satu kali penerbangan, tapi penerbangan akan ditambah menjadi dua kali yakni pada tanggal 11, 12 dan 15 September.

Air Asia, yang melayani penerbangan Yogakarta-Kualalumpur, Yogyakarta-Jakarta, akan menambah lagui satu kali lagi penerbangan per hari, yakni Yogyakarta-Kualalumpur (sebaliknya) pada 3 hingga 7 September, serta dua kali perbangan Jakarta-Yogyakarta (sebaliknya) mulai 7 sampai 9 September.

Ia mengatakan hari-hari normal Garuda hanya melayani penerbangan Yogyakarta-Jakarta (sebaliknya) sebanyak 9 kali. Air Asia, pada hari-hari biasa, hanya melayani satu kali penerbangan ke Jakarta-Kualalumpur (sebaliknya). Sedang Lion Air hanya melayani penerbangan Yogyakarta-Jakarta (sebaliknya) sebanyak 6 kali. Selain itu ada penerbangan Lion dari Yogyakarta ke Bali, Balikpapan, Surababya (sebaliknya) masing-masing satu kali per hari.

Dengan adanya penambahan penerbangan ini, Halindra mengakui pihaknya saat ini sedang mengatur jadwal penambangan. Tapi, katanya, pengelola bandara sudah meminta agar maskapai yang akan menambah frekuensi penerbangan itu memilih jadwal di luar jam-jam sibuk.
Dijelaskan, jam sibuk penerbangan di Bandara Adisucipto pada pagi hari adalah jam 06.00 hingga 09.00, 15.00 hingga 17.00, dan pada 18.00 hingga 20.00. Setidaknya, katanya, dengan jadwal ini setiap hari sekurangnya ada 44 penerbangan dari bandara tersebut.

Halindra sendiri memprediksi jumlah penumpang menjelang dan sesudah lebaran tahun ini akan mencapi 12 ribu orang per hari. ''Pada hari normal rata-rata per hari hanya 10 ribu penumpang,'' tuturnya.

Sumber : republika.co.id

0 Response to "Garuda dan Air Asia Tambah Penerbangan dari Yogyakarta"