Blogroll

NIX 2011 : Dongkrak Penjualan 5 Persen

Meski tidak terlalu banyak, pameran NIX 2011 yang berlangsung di JEC sejak Sabtu (7/5) hingga kemarin (11/5), cukup memberikan hasil. Setidaknya, mengangkat penjualan sebesar lima persen, di saat kondisi penjualan berkisaran 25-30 persen di semester pertama tahun ini. Pihak Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo) DIJ mengakui, digelarnya pameran yang diadakan secara series di 14 kota besar di Indonesia tersebut, diadakan untuk mendongkrak penjualan.

“Seperti biasanya, pameran di semester pertama biasanya untuk mendongkrak penjualan karena cenderung sepi. Berbeda dengan semester kedua, setiap tahunnya,” kata Ketua Apkomindo DIJ Hadi Santono, kemarin.

Menurut Hadi, selain DIJ, kota yang digelar NIX 2011 adalah Medan, Pekanbaru, Banjarmasin, Palembang, Semarang, Pontianak, Banda Aceh, Surabaya, Bandung, Malang, Makassar, Solo dan Jakarta.
Diakui oleh Hadi, tahun ini pertumbuhan personal computer (PC) DIJ diperkirakan akan naik sekitar 37 persen atau 400 ribu per tahun. Pertumbuhan tersebut dipicu berkembangnya komputasi awan atau cloud computing, yang ditandai banjirnya tablet PC ke pasaran.

“Tanda ini diikuti dengan banyaknya penjualan netbook maupun nootbook. Di samping itu, basis OS (operating system, red) lain seperti Apple, Android dan Blackberry semakin mendorong pertumbuhan penjualan computer,” tandas Hadi.

Secara nasional penjualan komputer tahun ini dipastikan tetap mengalami pertumbuhan. Kisarannya, di angka 37 persen atau menjadi 5,3 juta unit. Tahun sebelumnya, 2010, realisasi penjualan hanyalah 3,8 juta unit.

Untuk DIJ, pertumbuhan juga terjadi. Angkanya, adalah 37 persen sebesar 400 ribu unit pertahun. “Setidaknya antara 9,3 persen hingga 9,7 persen, nilai market local dibandingkan nilai nasional. Kenaikan di angka rata-rata 30 persen per tahun untuk penjualan PC untuk DIJ dan ini relative stabil,” katanya.

Sumber : Radar Jogja

0 Response to "NIX 2011 : Dongkrak Penjualan 5 Persen"