Blogroll

iPhone 3G Diburu, BlackBerry Tambah Fasilitas Baru

K
ini memang eranya ponsel cerdas BlackBerry (BB) dan iPhone. Demam smartphone global ini telah memberi rezeki nomplok bagi BB dan iPhone, namun berimbas kepada empat besar vendor ponsel dunia yakni Nokia, Samsung, LG, dan Sony Ericsson.

Empat vendor kuat dan besar ini sekarang mulai merasakan pahitnya penjualan produk mereka, terutama setelah BB Bold naik daun serta iPhone melesat tajam. Bahkan dengan hadirnya secara resmi iPhone 3G akhir Maret lalu, BB Bold mulai merasakan goyangannya. Kehadiran iPhone 3G yang semakin diburu membuat BB mengeluarkan kiat dengan menambah fasilitas baru.

Tampaknya gesekan iPhone dan BB masih panas saja. Pergeseran minat konsumen yang semakin tinggi untuk memburu iPhone membuat BB bekerja keras untuk menghadirkan fitur dan fasilitas-fasilitas yang sejenis dengan yang dimiliki iPhone. Wajarlah jika iPhone 3G yang kini posisinya semakin melejit kemudian BB harus bangkit melawannya, meski pasar BB sendiri hingga saat masih unggul di atas iPhone.

Menurut hasil sebuah survei terbaru, pangsa pasar BlackBerry saat ini tertinggi dengan 41%, diikuti iPhone dengan 23% secara global. Yang pasti, pengguna ponsel di Indonesia sedang tergila-gila mengikuti tren dunia dengan ponsel lebar karya Research In Motion (RIM), BlackBerry, dan tentunya iPhone dari Apple Inc. BlackBerry Bold dan iPhone 3G jenis smartphone yang fenomenal. Namun keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya.

BB Punya Fitur Eksklusif iPhone

Fitur yang dulunya dimiliki secara eksklusif oleh Apple untuk produk iPhone, kini sudah bisa dinikmati oleh para pengguna Blackberry. Fitur ini bernama Voice Search, sebuah layanan yang bisa mengenali suara Anda dan memberikan apa yang Anda butuhkan. Dengan Voice Search, pengguna tak perlu repot mengetikkan kata kunci di keypad handset-nya, bila ingin mencari informasi via mobile browser. Cukup dengan suara saja.

Kabar baik bagi para pengguna Blackberry ini datang dari Google. Pasalnya, Google yang kini juga menghadirkan layanan Voice Search, membesut fitur tersebut bukan hanya untuk iPhone dan iPod touch, namun juga untuk BlackBerry. Secara teknis, layanan Voice Search yang dikonversikan ke dalam bentuk digital ini kemudian dikirimkan ke server Google. Teknologi pengenalan suara di dalamnya, kemudian mengubahnya ke pencarian klasik layaknya pertanyaan biasa. Kini para pemakai Blackberry bisa ikut menikmati kemudahan layanan yang sebelumnya dimiliki eksklusif oleh Appple dengan mengunjungi situs mobile milik google lewat browser mereka. Pengguna BlackBerry bisa menikmati fitur pencarian lewat suara ini asalkan handset besutan Research in Motion ini sudah menggunakan sistim operasi versi 4.1 ke atas.

Pelanggan BB kini juga dapat menikmati kecepatan dan keleluasaan akses yang lebih besar, setelah kapasitas link Indosat ke RIM (Research In Motion) ditingkatkan sebesar 100%, dari 10 Mbps menjadi 20 Mbps. Peningkatan ini menjadikan Indosat memiliki kapasitas backbone ke RIM terbesar di Indonesia, sehingga pelanggan BlackBerry akan mendapatkan akses layanan yang lebih cepat dan semakin dapat diandalkan. “Peningkatan kapasitas backbone ke RIM ini merupakan bagian dari upaya kami sebagai pelopor layanan BlackBerry di Indonesia yang tidak pernah berhenti untuk memberikan inovasi dan nilai lebih bagi pelanggan BlackBerry kami. Dengan peningkatan kapasitas ini, kami juga lebih siap lagi dalam mengantisipasi tren penambahan pelanggan BlackBerry di Indonesia,” kata Teguh Prihantoro, Head of Indosat Yogyakarta Branch.

Pelanggan BlackBerry Indosat sendiri dalam kurun 3 bulan terakhir mengalami peningkatan yang sangat pesat, dimana sampai saat ini telah mendapat sekitar 75.000 pelanggan secara nasional. Hal ini mendorong Indosat untuk berupaya memenuhi kebutuhan bandwith khususnya backbone ke RIM guna memastikan layanan BlackBerry Indosat dapat diakses dengan mudah dan cepat.

Komitmen Indosat untuk meningkatkan layanan BlackBerry baik dari sisi jaringan maupun layanan nilai tambah, dilakukan secara terus menerus, seperti yang dilakukan pada awal tahun ini dengan menghadirkan pusat layanan ‘BlackBerry Branded Outlet by Indosat’ sebagai pusat layanan dan produk BlackBerry secara terpadu yang pertama di Asia Pasifik, berlokasi di lantai tiga Plaza FX Sudirman, Jakarta.

Disusul dengan menghadirkan dua smartphone BlackBerry terbaru untuk pelanggannya, yaitu BlackBerry Curve 8900 dan BlackBerry Pearl Flip 8220. Smartphone BlackBerry Curve 8900 merupakan smartphone BlackBerry dengan QWERTY keyboard paling tipis dan ringan dalam warna hitam yang stylish. Dengan kombinasi dukungan quad-band EDGE, built-in Wi-Fi dan GPS, prosesor generasi masa depan 512 MHz dan layar beresolusi tinggi, HVGA+ (480 x 360).

Sementara smartphone BlackBerry Pearl (tm) Flip 8220 merupakan smartphone BlackBerry berdesain flip yang pertama. BlackBerry Pearl Flip 8220 baru menggunakan kekuatan platform BlackBerry dan berbagai fitur-fitur penting dalam desain flip yang indah. Keyboardnya memiliki ukuran yang cukup, memudahkan penggunanya saat mengetik maupun dialing, dan dengan desain flip untuk mengakhiri panggilan cukup dengan menutup telepon.

Selain meluncurkan smartphone BlackBerry baru, Indosat juga memperkenalkan layanan BlackBerry RFOn-Demand bulanan dan mingguan untuk pengguna Mentari dan IM3 dengan pilihan paket Rp 160.000 per bulan atau Rp 50.000 per minggu.

Sumber : KR

1 Response to "iPhone 3G Diburu, BlackBerry Tambah Fasilitas Baru"

  1. Bagusan mana Blackberry dibanding sama iPhone ? Ada saran ?

    BalasHapus